SitusGadget

Pusat informasi handphone dan tablet

User Member

Sinyal Ponsel Lemah ? Berikut Cara Mengatasinya

Kategori: Tips & Trik, Diterbitkan: 11 November 2015



Cara Mengatasi Sinyal Ponsel yang Lemah

Sinyal merupakan instrumen yang penting bagi ponsel/handphone, dengan sinyal yang kuat membuat komunikasi menjadi lancar. Sebaliknya ponsel dengan sinyal yang lemah membuat koneksi ponsel sering terputus. Kuat lemahnya sinyal ponsel dapat terlihat dari jumlah bar signal yang ada di ponsel anda. Namun bar signal tersebut hanyalah sekedar indikator saja dan tidak mutlak benar, selain bar signal tersebut, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal di ponsel anda.

Bagi pengguna android, cukup masuk ke dalam setting >> about, lalu klik Network (untuk pengguna android samsung masuk kedalam setting >> about device >> status). Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Kekuatan Sinyal Ponsel di Android

Kekuatan Sinyal Ponsel di Android

Sedangkan jika anda pengguna iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk ke menu field test dan bar signal akan berubah menjadi satuan dBm. Sinyal pada -100 dBm menandakan sinyal kualitas terburuk, sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal sudah baik.

Jika kekuatan sinyal ponsel anda lemah, dapat melakukan beberapa cara untuk memperkuat sinyal, berikut ini:

1. Buat Peta Sinyal
Jika anda sedang berada dirumah, buatlah sebuah denah rumah anda dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik yang lain didalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang didapatkan. Tandai setiap titik di peta. Dengan cara demikian anda mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan anda akan menelpon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

2. Airplane Mode
Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang anda gunakan. Selain itu bisa saja ponsel anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelpon pun lebih jernih.

3. Buka Jendela
Bila berada didalam rumah dan merasa suara di ponsel anda terputus-putus saat menelpon, bukalah jendela dan berdirilah didekatnya. Seandainya suara putus-putus terjadi ketika anda menelpon dari dalam mobil (Hindari menelpon saat berkendara, berbahaya!). Lakukanlah hal yang sama, bukalah jendela didekatmu (Hati-hati, Jangan terlalu lebar dalam membuka kaca jendela mobil, agar terhindar dari kejahatan). Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh ponsel, tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

4. Cek Baterai Ponsel Anda
Kalau SMS atau pesan lain yang anda kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai anda. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit. Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindahkan koneksi dari satu pemancar ke pemancar yang lainnya memang memakan banyak daya. Nah, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan oleh hal ini, cukup anda charge saja ponsel anda. Namun jika ternayata baterai ponsel anda masih penuh dan anda tidak dapat juga mengirimkan SMS atau pesan yang lainnya, coba cek pulsa anda, pastikan masih terdapat pulsa pada ponsel anda, jika tidak ada pulsa pada ponsel anda, bisa minta mama kirimkan pulsa ke nomor ponsel anda ;P

5. Dekati Pemancar Sinyal
Pertama, Anda mesti men download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal di sekelilingmu. Bila panggilan suara terputus-putus, cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekat ke arahnya. Dengan demikian anda bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.


Bagaimana pendapat Anda?

Login with Google+

Beri Komentar

Silahkan menggunakan Facebook / Twitter untuk mengirim komentar.

Close

Login with Google+